Afriyanto, Wawan (2012) Persepsi Siswa Terhadap Budaya Batik Dan Upaya Guru Memperkenalkan Batik Sebagai Bentuk Warisan Budaya Indonesia Kepada Siswa Kelas V Sekolah Dasarnegeri Sonorejo1 Blora Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (612kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (72kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (45kB) |
|
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (983kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukMendeskripsikanPersepsi Siswa terhadap Budaya Batik dan Upaya Guru memperkenalkan Batik sebagai bentuk Warisan Budaya Indonesia, tempat penelitian di Sekolah Dasar Negeri 1 Blora kecamatan Blora Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2011/2012 Sumber data adalah guru dan siswa kelas V,Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)persepsi siswa terhadap budaya batik yaitu (a) siswa bangga, dan siswa tidak malu memakai seragam batik,(b) siswa berkeinginan untuk bisa membatik, (c) siswa senang diajak ke perkampungan batik. (2) Upaya Guru dalam memperkenalkan Batik Sebagai Bentuk Warisan Budaya Indonesia yaitu dengan (a) Gurumemberikan materi dalam pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan tentang macam seni dan budaya Indonesia, (b) memberikan contoh penerapan langsung kepada siswa dengan memakai seragam batik setiap hari Jum’at dan hari Sabtu,(c) mengajak siswa karyawisata ke perkampungan batik, (3)Pemahaman siswa terhadap budaya batik yaitu (a) Siswa tidak malu memakai seragam batik, (b) siswa senang dengan pelajaran yang berhubungan dengan budaya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi siswa,upaya guru ,warisan budaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 11 Sep 2012 11:40 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 06:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19864 |
Actions (login required)
View Item |