Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Sendang Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

SETYO RAHAYU, HANING (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Sendang Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_HANING.pdf

Download (574kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Sendang yang berjumlah 20 siswa.Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Validitas data yang digunakan sourcedan alnalytical triangulationdan juga validitas isi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan . Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 35% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 55% pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 90% pada siklus II. Selain hasil belajar, keaktifan siswa juga mengalami peningkatan yang dapat dilihat pada aspek: keaktifan berdiskusi 50% pada prasiklus, 70% pada siklus I, 90% pada siklus II. Keaktifan siswa mengerjakan soal-soal latihan: 100% prasiklus, 100% siklus I, 100% siklus II. Keaktifansiswa bertanya: 15% prasiklus, 25% siklus I, 40% siklus II. Keaktifan siswa menjawab pertanyaan: 20% prasiklus, 30% siklus I, 40% siklus II. Berkonsentrasi: 50% prasiklus, 45% siklus I, 75% siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzledapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 2 Sendang Karanggede Boyolali tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: crossword puzzle, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 11 Sep 2012 10:41
Last Modified: 11 Sep 2012 13:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19844

Actions (login required)

View Item View Item