Septiani, Astri Nur (2012) Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Lisan Melalui Pendekatan Pragmatik Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Trosemi Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
![]()
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (42MB) |
|
![]()
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (78kB) |
|
![]() |
PDF (Bab II)
04._BAB_II,,.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
|
![]() |
PDF (Bab III)
05._BAB_III,,.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
![]() |
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
|
![]() |
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
![]()
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA_.pdf Download (50kB) |
|
![]() |
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (48MB) |
|
![]()
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._naskah_publikasi.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan pendekatan Pragmatik pada siswa kelas V SD Negeri Trosemi I Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Trosemi yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumen, tes dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik triangulasi sumber adalah teknik pengumpulan data yang berupa informasi dari guru, dan siswa tentang tindakan yang diterapkan. Triangulasi metode digunakan untuk mengumpulkan data dari hasil observasi, dokumen, tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara pada materi Bahasa Indonesia Menanggapi persoalan faktual dengan disertai alasan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan keterampilan berbicara siswa yang sebelumnya hanya 40%. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 60% ( mengalami peningkatan sebesar 20% ). Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 80% ( mengalami peningkatan sebesar 20% ). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Pragmatik dapat meningkatkan keterampilan berbicara lisan pada pembelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berbicara lisan, Pendekatan Pragmatik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 11 Sep 2012 09:39 |
Last Modified: | 11 Sep 2012 09:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19834 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |