Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Discovery Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas II Negeri Pengkok II Sragen Tahun Ajaran 2011/2012

Utami, Enggar Setya (2012) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Discovery Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas II Negeri Pengkok II Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (432kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (277kB)

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menggunakan beberapa strategi mengajar yang sesuai. Pendekatan pembelajaran Discovery sangat tepat dalam membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran Matematika. Hal tersebut menarik untuk dikaji dalam bentuk penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah peneliti sendiri dan siswa kelas II SDN Pengkok 2 yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, test, dokumentasi, wawancara. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah mencapai tujuan penelitian dan menjawab hipotesis penelitian yaitu: pendekatan pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi bangun datar melalui media gambar pada siswa kelas II SD Negeri Pengkok 2 Sragen. Dari hasil pembelajaran siklus I 52% yang tuntas belajar, sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 95%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Discovery melalui media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi bangun datar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar Matematika, pendekatan pembelajaran Discovery
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 11 Sep 2012 09:08
Last Modified: 11 Sep 2012 09:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19832

Actions (login required)

View Item View Item