Rohjianti, Jehat (2012) Penerapan Metode Pembelajaran Teams Game Tournament (Tgt) Dengan Media Ular Tangga Dalam Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Gerak Pada Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (PTK di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kradenan Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (993kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (176kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Biologi pokok bahasan gerak pada tumbuhan siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Kradenan tahun ajaran 2011/2012 menggunakan metode Teams Game Tournament (TGT) dengan media ular tangga. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus melalui observasi keaktifan bertanya dan menjawab pertanyaan pada setiap siklus pembelajaran. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengukur keberhasilan pembelajaran setelah dilakukan post-test dan penskoran dalam keaktifan bertanya dan menjawab pertanyaan. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran menggunakan metode Teams game Tournament (TGT) dengan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi pokok bahasan gerak pada tumbuhan dengan prosentase aspek kognitif pada siklus I adalah 39,47% dan pada siklus II adalah 76,31%. Sedangkan aspek afektif (keaktifan bertanya pada observasi awal 15,78%, meningkat menjadi 78,38% pada siklus II; keaktifan menjawab pertanyaan pada observasi awal 23,68%, meningkat menjadi 86,48% pada siklus II).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Sterategi pembelajaran Teams Game Tournament, ular tangga. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Sep 2012 09:37 |
Last Modified: | 11 Sep 2012 09:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19830 |
Actions (login required)
View Item |