Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode NHT (Numbered Heads Together) Melalui Media Cd Interaktif Pada Materi Sistem Pernafasan Manusia Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Aprilliyani, Ratna Dewi (2012) Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode NHT (Numbered Heads Together) Melalui Media Cd Interaktif Pada Materi Sistem Pernafasan Manusia Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (385kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] PDF (BAb V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._jurnal_publikasi.pdf

Download (120kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk upaya meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 3 Surakarta dengan penerapan metode pembelajaran active leaning Numbered Heads Together melalui m edia CD Interaktif . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari hasil belajar ( aspek yang dinilai adalah aspek afektif yang berupa keaktifan siswa dan aspek kognitif yang berupa nilai dari post test) siswa pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu lebih mendeskripsikan data, fakta dan keadaan yang ada dari siklus I sampai dengan siklus II melalui tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang dikumpulkan melalui metode wawancara, metode observasi, metode test dan dokumentasi. Hasil belajar biologi pada materi Sistem Saraf Pada manusia siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 3 Surakarta pada aspek kognitif dari nilai awal 25%, siklus I sebesar 75% dan siklus II meningkat menjadi 91,66% target yang dicapai 80%. Sedangkan dari aspek afektif juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 54,16% sedangkan siklus II meningkat menjadi 91,67%. Peningkatan hasil belajar aspek kognitif perolehan nilai awal ke siklus I yaitu 50% siklus I ke siklusII yaitu 16,66%; aspek afektif meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu peningkatanya sebesar 37,51%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa upaya penerapan pembelajaran dengan metode Numbered Heads Together (NHT) melalui media CD Interaktif dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar melalui aspek kognitif dan afektif pada materi sistem pernapasan siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 3 Surakarta tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan dan Hasil Belajar, NHT, CD Interaktif, Pernapasan Manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Sep 2012 07:11
Last Modified: 11 Sep 2012 07:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19825

Actions (login required)

View Item View Item