Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Model Value Clarification Technique (VCT) Pada Pembelajaran PKN Kelas IV SD N 01 Bolong Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012

Purwanti, Siti (2012) Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Model Value Clarification Technique (VCT) Pada Pembelajaran PKN Kelas IV SD N 01 Bolong Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (547kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (369kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (447kB)

Abstract

Penelitian ini di nilai dari peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV di SD Negeri 01 Bolong Kabupaten Karanganyar pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran VCT. dan peningkatan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV di SD Negeri 01 Bolong Kabupaten Karanganyar dengan menggunakan model pembelajaran VCT. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 01 Bolong yang berjumlah 22 siswa, putra 12 siswa dan putri 10 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran dengan metode pembelajaran VCT mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa dilihat dari sebelum pelaksanan tindakan sampai pelaksanaan siklus II dari 4 atau 18%, 9 atau 40% menjadi 17 atau 77% siswa yang berani mengajukan pertanyaan. Dari 3 atau 14%, 7 atau 32% menjadi 19 atau 86 % siswa yang berani melakukan presentasi di depan kelas. Dari 5 atau 23%, 10 atau 45% menjadi 19 atau 86% siswa yang berani menjawab pertanyaan. Dari 3 atau 14%, 10 atau 45% menjadi 17 atau 77 % siswa yang berani mengemukakan pendapat. Dari 4 atau 18%, 7 atau 32% menjadi 20 atau 91% siswa yang berani menyanggah/menyetujui ide teman. Kesimpulan yang diperoleh dalam peneltian ini adalah bahwa penerapan metode VCT (Value Clarification Technique ) mampu meningkatkan aktivitas belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Bolong Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran VCT, Aktivitas belajar siswa meningkat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 11 Sep 2012 07:15
Last Modified: 11 Sep 2012 07:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19824

Actions (login required)

View Item View Item