Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Meaningful Instructional Design Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Mojogedang Tahun Pelajaran 2011/2012

Sularsi, Sri (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Meaningful Instructional Design Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Mojogedang Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (187kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img]
Preview
PDF
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (262kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan metode Meaningful Instructional Design pada siswa kelas IV SD Negeri 04 Mojogedang tahun pelajaran 2011/2012. Subyek penelitian yang pertama adalah peneliti bertindak sebagai guru dan siswa kelas kelas IV SD Negeri 04 Mojogedang tahun pelajaran 2011/2012. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Dengan penerapan metode Meaningful Instructional Design menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 04 Mojogedang tahun pelajaran 2011/2012. Hasil analisis menunjukkan pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 72%. Hasil analisis pada siklus II menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa mencapai sebesar 92%, sehingga hipotesis tindakan terbukti yaitu: “Penerapan metode pembelajaran metode Meaningful Instructional Design dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 04 Mojogedang tahun pelajaran 2011/2012”. Dengan kata lain masalah sudah terpecahkan melalui penerapan metode Meaningful Instructional Design

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: meaningful instructional design, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 11 Sep 2012 06:59
Last Modified: 11 Sep 2012 06:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19821

Actions (login required)

View Item View Item