Efektivitas Penggunaan Strategi Card Sort Dan Index Card Match Terhadap Nilai Kognitif Dan Keaktifan Siswa Pada Materi Fungi (Eksperimen pada siswa kelas X SMAN 2 Sukoharjo T. A. 2011/2012)

Istini, Dhinar Dewi (2012) Efektivitas Penggunaan Strategi Card Sort Dan Index Card Match Terhadap Nilai Kognitif Dan Keaktifan Siswa Pada Materi Fungi (Eksperimen pada siswa kelas X SMAN 2 Sukoharjo T. A. 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (328kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Banyaknya strategi pembelajaran aktif yang hampir sama (misalnya: strategi card sort dan index card match), yang terkadang membuat guru enggan menerapkan dalam proses belajar mengajar sehingga lebih memilih metode ceramah, serta kurangnya kesadaran siswa untuk belajar dan kendala dalam memahami materi pelajaran Biologi. Tujuan penelitian: untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi card sort dan index card match serta mengetahui efektivitas antara strategi card sort, index card match dan metode ceramah pada pembelajaran Biologi, materi Fungi. Jenis penelitian merupakan penelitian eksperimen pendidikan. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Sampel penelitian menggunakan 3 kelas, yaitu kelas X.1 (kelas kontrol), X.2 (kelas eksperimen I dengan strategi card sort), dan X.5 (kelas eksperimen II dengan strategi index card match). Teknik sampling penelitian menggunakan tipe probability sampling dengan cara cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, tes, dan angket evaluasi pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas (dengan Kolmogorov- Smirnov) dan uji homogenitas (dengan uji Levene’s), serta uji hipotesis (dengan uji nonparametrik TwoIndependent Samples Test tipe Mann Whitney). Berdasarkan hasil analisis dan uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa: 1) strategi card sort dan index card match lebih efektif diterapkan pada materi pelajaran Fungi dibandingkan dengan metode ceramah (kelompok kontrol); 2) terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai kognitif siswa antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol; 3) strategi card sort lebih efektif daripada strategi index card match terhadap nilai kognitif siswa pada materi Fungi, meskipun perbedaannya tidak terlalu signifikan; 4) nilai keaktifan siswa antara strategi card sort dengan strategi index card match tidak ada perbedaan yang signifikan, tetapi minat belajar, keseriusan, kerjasama, partisipasi serta kemampuan siswa dalam bertanya dan berpendapat semakin meningkat dan berpengaruh sama terhadap kelas eksperimen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar kognitif, nilai keaktifan, strategi card sort, strategi index card match, pembelajaran Biologi, materi pelajaran Fungi, kelas X SMA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Sep 2012 06:07
Last Modified: 11 Sep 2012 06:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19815

Actions (login required)

View Item View Item