Dhaniati , Fitria (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Membuat Denah Dan Peta Melalui Media Peta Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 03 Ngargoyoso Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1-HALAMAN_DEPAN_FITRIA_DANIATI.pdf Download (649kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2-BAB_01-FITRIA_DANIATI.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Bab II)
3-BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab III)
4-BAB_03-FITRIA_DANIATI.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab IV)
5-BAB_04-FITRIA_DANIATI.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
PDF (Bab V)
6-BAB_05-FITRIA_DANIATI.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7-BAB_DAFTAR_PUSTAKA-FITRIA_DANIATI.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Lampiran)
8-BAB_LAMPIRAN-FITRIA_DANIATI.pdf Restricted to Repository staff only Download (635kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH-PUBLIKASI_JURNAL-FITRIA-PGSD.pdf Download (572kB) |
Abstract
Selama ini pengajaran pendidikan IPS lebih banyak dilakukan di kelas dengan hanya berpedoman pada buku-buku pendamping saja, siswa kurang dilibatkan dalam kegiatan yang sebenarnya. Kurang diminatinya pelajaran IPS karena proses pembelajarannya hanya di dalam kelas dan metode pembelajaran kurang bervariasi. Observasi awal dan diskusi dengan guru kelas III SDN Ngargoyoso 03 Karanganyar yang dilakukan melalui pengamatan saat pembelajaran diketahui rendahnya hasil belajar siswa dalam mengingat sebagai komponen pemahaman konsep dan rendahnya keaktifan dan kerjasama siswa dalam proses belajar mengajar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi membuah denah dan peta lingkungan pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 03 Ngargoyoso semester I tahun pelajaran 2009/2010 melalui pemanfaatan media peta Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 03 Ngargoyoso Karanganyar pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 13 anak. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Alat analisis data yang digunakan dengan analisis per siklus dengan indikator kinerja 73% dari hasil belajar tiap siklus. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diketahui dari hasil analisis data diketahui perolehan nilai Pra Siklus, siswa yang memperoleh nilai ketuntasan ada 6 siswa (46,15%), yang belum tuntas ada 7 siswa (53,85%). Perolehan nilai Siklus I siswa yang memperoleh nilai tuntas sama yaitu ada 6 siswa (46,15%), yang belum tuntas ada 7 siswa (53,85%). Perolehan nilai Siklus II siswa yang memperoleh nilai ketuntasan bertambah menjadi 9 siswa (69,23%), yang belum tuntas ada 4 siswa (30,77%). Perolehan nilai Siklus III siswa yang memperoleh nilai ketuntasan bertambah menjadi 13 siswa (100%) sehingga semuanya tuntas. Hal ini menunjukan suatu keberhasilan dari penggunaan media peta dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Membuat Denah dan Peta siswa kelas III SD Negeri 3 Ngagoyoso tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, pembelajaran IPS, Media peta |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 11 Sep 2012 05:47 |
Last Modified: | 11 Sep 2012 05:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19814 |
Actions (login required)
View Item |