Pengaruh Pemberian Larutan Air Kelapa (Cocos nucifera ) Dengan Penambahan Larutan Gula Terhadap Kesegaran Bunga Mawar Potong (Rosa hybrida)

Adi, Meka Moch (2012) Pengaruh Pemberian Larutan Air Kelapa (Cocos nucifera ) Dengan Penambahan Larutan Gula Terhadap Kesegaran Bunga Mawar Potong (Rosa hybrida). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN__DEPAN.pdf

Download (378kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL.pdf

Download (187kB)

Abstract

Larutan air kelapa dengan penambahan larutan gula dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesegaran tanaman bunga mawar (Rosa hybrida) potong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perendaman larutan air kelapa (Cocos nucifera ) dengan penambahan larutan gula terhadap lama kesegaran bunga mawar potong (Rosa hybrid ) untuk pengembangan materi ajar fisiologi tumbuhan. Penelitian ini dilaksanakan di Green House Laboratorium Biologi Universitas Muhammadiyah Surakarta pada bulan Juli 2011 Metode yang digunakan adalah eksperimen, dengan rancangan penelitian Rancangan Acak Lengkap (RAL) 2 faktor yaitu konsentrasi yang berbeda larutan air kelapa (0%, 30%, 40%, 50%, dan 60%) dengan pena mbahan larutan gula (0 ml, dan 10 ml). Dari hasil analisis Uji Anava dua jalur diperoleh F hitung campuran > F tab (0,05) yaitu 5,142 > 4,35 artinya signifikan atau perendaman larutan air kelapa dan larutan gula memberikan pengaruh pada lama kesegaran bunga mawar potong, F hitung konsentrasi > F tab (0,05) yaitu 8,428 > 2,87 artinya signifikan atau konsentrasi perendaman dengan kadar yang berbeda -beda berpengaruh pada lama kesegaran bunga mawar potong, F hitung interaksi > F tab (0,05) yaitu 3,713 > 2,87 artinya signifikan atau interaksi campuran dan konsentrasi pemberian berpengaruh terhadap lama kesegaran bunga mawar potong, dan karena hasil signifikan kemudian dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan’s (DMRT) yang berupa data yang menunjukkan perendaman larutan air kelapa (Cocos nucifera) dengan penambahan larutan gula sesuai dengan perlakuan. Pada perlakuan P4X1 dibandingkan denga n perlakuan yang lain didapat hasil 7,00 lebih besar dari nilai UJD0,05 0,95 bila dibandingkan dengan perlakuan lainnya. Berarti antara perlakuan P4X1 dengan perla kuan yang lainnya berbeda nyata dengan memberikan pengaruh paling baik didalam mempertahankan kesegaran bunga mawar potong bila dibandingkan dengan perlakuan yang lain. Penelitian ini sebagai pengembangan materi ajar fisiologi tumbuhan bagi guru untuk menunjang profesionalisme guru dan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: larutan air kelapa, larutan gula, kesegaran bunga mawar potong, materi ajar fisologi tumbuhan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 10 Sep 2012 08:45
Last Modified: 10 Sep 2012 08:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19796

Actions (login required)

View Item View Item