Ambarwati, Hesti Dwi (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Start With a Question dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Pada Pokok Bahasan Ekosistem Siswa Kelas VIIA SMP N 2 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (536kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (47kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (2MB) |
Abstract
Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan memperbaiki proses pembelajaran, proses pembelajaran pada dasarnya adalah proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam situasi pendidikan. Hasil observasi awal kelas VIIA SMP N 2 Banyudono tahun ajaran 2011/2012 selama pembelajaran di temukan kelemahan, maka dari itu perlu adanya suatu tindakan untuk mengatasi kelemahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem dengan strategi pembelajaran Learning Start With a Question dengan media gambar pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Banyudono. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Learning Start With a Question dengan media gambar dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah peningkatan prosentase hasil belajar (aspek kognitif) siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 sebelum tindakan 21 siswa (58,3%), siklus I aspek kognitif meningkat menjadi 23 siswa (63,9%); rata-rata aspek afektif= 89,98; rata-rata nilai keaktifan= 9,5 (termasuk dalam kategori aktif). Pada siklus II aspek kognitif meningkat menjadi 34 siswa (94,4%); rata-rata aspek afektif= 96,02; rata-rata keaktifan siklus II= 11,7 (termasuk dalam kategori aktif). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Learning Start With a Question dengan media gambar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Banyudono.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Start With a Question, media gambar, hasil belajar-keaktifan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Sep 2012 06:04 |
Last Modified: | 10 Sep 2012 06:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19791 |
Actions (login required)
View Item |