Peningkatan Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Pokok Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 2 Baki Tahun Ajaran 2011/2012

Kartikawati, Yuningtyas Asri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Pokok Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 2 Baki Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui pembelajaran out door, 2) Motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui pembelajaran out door. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : 1) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai > 65 pada siklus I sebanyak 22 siswa (55%) dan pada siklus II sebanyak 35 siswa (87,5%), 2) Peningkatan motivasi belajar siswa, banyaknya siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi pada siklus I sebanyak 22 siswa (55%) dan pada siklus II sebanyak 29 siswa (72,5%). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa : 1) Penerapan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui pembelajaran out door dapat meningkatkan hasil belajar siswa, 2) Penerapan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui pembelajaran out door dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, Out Door, Motivasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Sep 2012 05:37
Last Modified: 10 Sep 2012 05:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19790

Actions (login required)

View Item View Item