Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Bangun Kubus Dengan Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (PTK di Kelas VIII F SMP N II Tasikmadu Tahun Ajaran 2011/2012)

Yuniarti, Titik (2012) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Bangun Kubus Dengan Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (PTK di Kelas VIII F SMP N II Tasikmadu Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (868kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf

Download (294kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (969kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar bangun kubus dengan metode pembelajaran contextual teaching and learning. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri II Tasikmadu yang berjumlah 32 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah peneliti dibantu guru matematika kelas VIII F SMP Negeri II Tasikmadu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Untuk menjamin validitas data, menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar bangun kubus, yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi belajar meliputi: (1) kemauan menjawab pertanyaan sebelum tindakan 31,25 % setelah tindakan menjadi 81,48 %. (2) kemauan mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 28,13 % setelah tindakan menjadi 77,78 %, (3) kemauan menanggapi hasil diskusi sebelum tindakan 21,88 % setelah tindakan menjadi 77,78 %, dan indikator hasil belajar yaitu yang mendapat nilai ≥ KMM sebelum tindakan 40,63 % setelah tindakan menjadi 96,30 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: contextual teaching and learning, motivasi dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 06 Sep 2012 09:48
Last Modified: 06 Sep 2012 09:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19769

Actions (login required)

View Item View Item