Yanuarti, Maghfiroh (2012) Analisis Soal-Soal Pada Buku Ajar Matematika SMA Kelas X Ditinjau Dari Aspek Kognitif. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (973kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_full.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
publikasi.pdf Download (567kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal-soal pada buku ajar matematika SMA kelas X yang ditinjau dari aspek kognitif menurut TIMSS 2011, aspek kognitif menurut TIMSS 2011 diantaranya adalah : mengetahui (knowing), menerapkan (applying) dan penalaran (reasoning). Untuk itu dipilih tiga buku ajar matematika SMA kelas X dengan penerbit yang berbeda yaitu : Erlangga, Intan Pariwara, dan Tiga Serangkai . Penelitian dilaksanakan dengan menganalisis soal-soal yang ditinjau dari aspek kognitif menurut TIMSS 2011 yang terdapat pada ketiga buku ajar tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aspek kognitif mengetahui (knowing) terbesar dimiliki oleh buku dengan judul ‘Perspektif Matematika 1’ karangan Rosihan Ari Y. dan Indriyastuti dengan persentase 66,79 %. Sedangkan buku dengan judul ‘Matematika Kontekstual’ karangan Catur Supratmono dan Sriyanto memiliki persentase paling sedikit yaitu 48,4 %. (2) Aspek kognitif menerapkan (applying) terbesar dimiliki oleh buku dengan judul ‘Matematika Kontekstual’ karangan Catur Supratmono dan Sriyanto dengan persentase 44%. Sedangkan buku yang berjudul ‘Seribu Pena Matematika SMA jilid 1’ karangan Husein Tampomas memiliki persentase terendah yaitu 20,89 %. (3) Aspek kognitif penalaran (reasoning) terbesar dimiliki oleh buku karangan Husein Tampomas yang berjudul ‘Seribu Pena Matematika SMA Jilid 1’ dengan persentase 14, 82 %. Sedangkan paling rendah terdapat pada buku karangan Catur Supratmono dan Sriyanto dengan persentase 7,6 % yang berjudul ‘Matematika Kontekstual’. (4) Dari ketiga buku yang diteliti diperoleh hasil bahwa aspek kognitif yang paling dominan adalah aspek kognitif mengetahui (knowing)
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aspek kognitif mengetahui (knowing), menerapkan (applying) dan penalaran (reasoning) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 06 Sep 2012 05:28 |
Last Modified: | 06 Sep 2012 05:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19756 |
Actions (login required)
View Item |