Peningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Pada Segiempat Dengan Metode Permainan Kartu Kuartet (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Ganap SMP Muhammadiyah Susukan Tahun Ajaran 2011/2012)

Nugroho, Latif Antok (2012) Peningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Pada Segiempat Dengan Metode Permainan Kartu Kuartet (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Ganap SMP Muhammadiyah Susukan Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (567kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaraan matematika melalui metode permainan kartu kwartet. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Susukan yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi penyidik. Hasil penelitian (1) peningkatan minat belajar dapat dilihat dari meningkatnya indikator pemahaman konsep meliputi: a) siswa yang mau mengerjakan tugas mandiri sebelum diadakan tindakan sebesar 37,5 %, di akhir tindakan mencapai 66,67 %. b) mengemukakan pendapat atau ide sebelum diadakan tindakan sebesar 12,5 %, di akhir tindakan mencapai 50 %. c) mengajukan pertanyaan jika belum paham sebelum diadakan tindakan sebesar 8,3 %, di akhir tindakan mencapai 41,67 %. d) mengerjakan tugas di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 16,67 %, di akhir tindakan mencapai 54,17 %, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebelum diadakan tindakan sebesar 41,67%, di akhir tindakan mencapai 70,83 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode permainan kartu kwartet dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Hasil Belajar, Permainan Kartu Kwartet
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 05 Sep 2012 09:12
Last Modified: 05 Sep 2012 09:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19750

Actions (login required)

View Item View Item