Pranita, Septi (2012) Prestasi Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Disiplin Belajar Dan Komunikasi Guru Siswa Kelas VII SMP N 2 Sawit Boyolali 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (495kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (76kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (431kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui bagaimana pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VII SMP N 2 Sawit Boyolali tahun ajaran 2011/2012 ; 2) Mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi guru siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VII SMP N 2 Sawit Boyolali tahun ajaran 2011/2012 ; 3) Mengetahui bagaimana pengaruh disiplin belajar dan komunikasi guru siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VII SMP N 2 Sawit Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.A, VII.B, VII.C, VII.D, dan VII.E tahun ajaran 2011/2012. Sampel diambil sebanyak 48 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 4,289+0,003X1 + 0,019X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh disiplin belajar dan komunikasi guru siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Tidak ada pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VII SMP N 2 Sawit Boyolali. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung < ttabel, yaitu 0,269 < 2,014 dan nilai signifikansi >0,05, yaitu 0,789, dengan sumbangan efektif sebesar 0,99% 2) Ada pengaruh komunikasi guru siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VII SMP N 2 Sawit Boyolali. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,733 > 2,014 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,009, dengan sumbangan efektif sebesar 13,61% 3)Tidak ada pengaruh dan ada pengaruh disiplin belajar dan komunikasi guru siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VII SMP N 2 Sawit Boyolali. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung < Ftabel, yaitu 3,834 < 5,110 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,029, dengan sumbangan efektif sebesar 1,46%; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,146 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara disiplin belajar dan komunikasi guru siswa adalah sebesar 1,46% sedangkan 85,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin belajar, komunikasi guru siswa dan prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Sep 2012 08:17 |
Last Modified: | 05 Sep 2012 08:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19745 |
Actions (login required)
View Item |