Susanti, Umi Hani’in (2011) Pengaruh Pendekatan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI-IPA SMA Negeri 1 Karangpandan Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (229kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (109kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karangpandan tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 143 siswa. Sampel dalam penelitian adalah 2 kelas yaitu kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 siswa dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi. Variabel yang diteliti adalah hasil belajar. Metode tes sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Z. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebesar 6,9, sedangkan siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional sebesar 5,2 sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif jigsaw lebih baik dari pada metode konvensional. Hasil uji diperoleh Zhitung sebesar 6,84 > Z0,05 (1.64) yang berarti Ho ditolak. Dengan penolakan Ho ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode Kooperatif Jigsaw, metode Konvensional, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Sep 2012 05:28 |
Last Modified: | 05 Sep 2012 05:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19740 |
Actions (login required)
View Item |