Muis, Varica Zumalia (2012) Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis E-Learning Bidang Studi Matematika Pada SMP Negeri 1 Magelang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (7MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (45kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (264kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika berbasis elearning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa, guru matematika, tim IT, dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian (1) Perencanaan pembelajaran matematika berbasis e-learning: persiapan sekolah yang meliputi persiapan perangkat koneksi internet dan sosialisasi tentang e-learning. Pemahaman guru dan siswa terhadap e-learning cukup baik. Sistem manajemen e-learning yaitu guru mengisi content dalam portal sedangkan pengelolaan dipegang oleh tim IT. Sekolah mengadakan pelatihan e-learning tiap awal tahun ajaran. Guru merumuskan silabus dan RPP untuk tiap tahun. Guru menggunakan variasi metode pembelajaran. Tiap guru mempunyai modul dalam portal dan buku ajar berbahasa Indonesia maupun Inggris, (2) Pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis e-learning: Siswa memiliki minat tinggi terhadap pelajaran matematika. Siswa aktif dalam pembelajaran matematika. Interaksi antara guru dan siswa terjalin baik. Bagi guru dan siswa, eksistensi media adalah penting dan dibutuhkan. Ketersediaan media pembelajaran matematika lengkap dan penggunaannya optimal. Guru membebaskan siswa memilih sumber belajar, (3) Evaluasi pembelajaran matematika berbasis e-learning: penilaian hasil belajar siswa meliputi nilai tugas, ulangan harian, UTS, dan UAS. Teknik penilaian yang sering digunakan yaitu tes tertulis. Siswa dilibatkan dalam pengembangan elearning dalam hal desain header portal. Kendala pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis e-learning yaitu koneksi internet cenderung lambat. Tidak ada perbedaan antara pelaksanaan pembelajaran matematika dengan mata pelajaran lain, ditinjau dari content dalam portal
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, e-learning, pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 04 Sep 2012 07:14 |
Last Modified: | 04 Sep 2012 07:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19727 |
Actions (login required)
View Item |