Optimalisasi Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap di MTs Negeri Sambi )

Bahktiar, Hidayat (2012) Optimalisasi Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap di MTs Negeri Sambi ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (557kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (404kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange pada pokok bahasan segitiga. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek yang melakukan tindakan adalah peneliti bekerjasama dengan guru matematika. Subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII B MTs Negeri Sambi yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan segitiga, hal ini dapat dilihat dari: 1) siswa mengajukan pertanyaan kepada guru sebelum penelitian 8,69% setelah penelitian 43,47%, 2) siswa mengajukan ide atau gagasannya kepada guru atau temannya sebelum penelitian 4,34% sesudah penelitian 47,82%, 3) kemandirian siswa untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru sebelum penelitian 8,69% sesudah penelitian 56,52%, dan 4) kemandirian siswa dalam mengerjakan soal mandiri tanpa bantauan orang lain sebelum penelitian 17,39% sesudah penelitian 60,86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar siswa, rotating trio exchange.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 04 Sep 2012 06:58
Last Modified: 04 Sep 2012 06:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19724

Actions (login required)

View Item View Item