Pembelajaran Dengan Media Lingkungan Alam Sekitar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak (TK Pertiwi Sumberejo Kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011)

Nurwahyuni, Isna (2011) Pembelajaran Dengan Media Lingkungan Alam Sekitar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak (TK Pertiwi Sumberejo Kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (371kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan kognitif anak perlu ditingkatkan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak khususnya dalam mengklasifikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah anak didik yang berada dikelas B di TK Pertiwi Sumberejo kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak maupun pembelajaran dengan media lingkungan alam sekitar dikumpulkan melalui pedoman observasi dan catatan lapangan, sedangkan wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai pendukung untuk mengumpulkan data. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dengan tehnik komparasi/perbandingan, yaitu membandingkan hasil yang dicapai oleh anak dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak dengan menggunakan media lingkungan alam sekitar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan dari siklus I sampai siklus III. Kemampuan anak meningkat dari prasiklus 41,4% menjadi 52,2 % pada siklus II. Siklus II kemampuannya meningkat menjadi 72,3%, dan pada siklus III kemampuan meningkat menjadi 87,4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media lingkungan alam sekitar dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media lingkungan alam sekitar, kemampuan kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Sep 2012 06:44
Last Modified: 04 Sep 2012 07:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19723

Actions (login required)

View Item View Item