Penerapan Strategi Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Jatipuro Tahun Ajaran 2011/ 2012)

Utami, Feni Wulan (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Jatipuro Tahun Ajaran 2011/ 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (752kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan kemampuan penalaran siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Aptitude Treatment Interaction dengan menggunakan lembar kerja siswa dan 2) meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Jatipuro yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan metode alur yaitu, antara lain: proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa pada pokok bahasan segitiga dan segi empat. Hal ini dapat dilihat dari indikator kemampuan penalaran matematika siswa adalah, sebagai berikut : 1) kemampuan dalam mengajukan ide dan dugaan sebelum tindakan 12,5% dan diakhir tindakan 78,125%, 2) kemampuan siswa menggunakan rumus secara tepat dalam menyelesaikan soal sebelum tindakan 28,125% dan diakhir tindakan 78,125%, 3) kemampuan siswa dalam melakukan operasi hitung dengan benar sebelum tindakan 25% dan diakhir tindakan 75%, 4) kemampuan siswa dalam menarik kesimpulan sebelum tindakan 18,75% dan diakhir tindakan 65,625%. Hasil dari soal kemampuan awal dan soal latihan mandiri yang dilakukan sebelum dan sesudah tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Jatipuro. Sebelum adanya tindakan kelas prestasi belajar siswa hanya mencapai 46,875% sedangkan sesudah dilakukan tindakan kelas prestasi belajar siswa mencapai 81,25%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan strategi pembelajaran aptitude treatment interaction dengan menggunakan lembar kerja siswa dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa pada pokok bahasan segitiga dan segi empat sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan penalaran, prestasi belajar siswa, aptitude treatment interaction
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 04 Sep 2012 06:23
Last Modified: 04 Sep 2012 06:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19720

Actions (login required)

View Item View Item