Nastiti, Galuh Endar (2012) Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Metode Problem Based Learning Dan Team Quiz Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Siswa (Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (511kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab1.pdf Download (45kB) |
|
PDF (Bab II)
bab2.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab III)
bab3.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
||
PDF (Bab V)
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Lanpiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan efek penggunaan metode Problem Based Learning dan Team Quiz terhadap prestasi belajar siswa, (2) efek kemampuan komunikasi siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) efek interaksi antara motode pembelajaran dan kemampuan komunikasi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Teras sebanyak enam kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian, diperoleh: (1) ada perbedaan efek penggunaan antara metode Problem Based Learning dan Team Quiz terhadap prestasi belajar siswa, dengan a F = 4,371, (2) ada efek kemampuan komunikasi siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan b F = 4,226, (3) tidak ada interaksi antara motode pembelajaran dan kemampuan komunikasi siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan ab F = 0,050.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Team Quiz, dan kemampuan komunikasi siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 04 Sep 2012 05:29 |
Last Modified: | 04 Sep 2012 05:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19718 |
Actions (login required)
View Item |