Heriyono, Heriyono (2012) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Metode Learning Tournament Dan Quiz Team Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Persamaan Dan Pertidaksamaan Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh metode pembelajaran Learning Tournament dan metode pembelajaran Quiz Team terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, (3) interaksi antara metode pembelajaran dengan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 82 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 54 siswa, yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen I dan 24 siswa sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Kolmogorov- Smirnov (Liliefors) untuk uji normalitas dan metode test of homogeneity of variances (Bartlet) untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) tidak ada pengaruh metode pembelajaran Learning Tournament dan Quiz Team terhadap prestasi belajar matematika dengan Fa = 0,034, (2) terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fb = 10,513, (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran ditinjau dari aktivitas siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fab = 0,189.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning tournament, quiz team, aktivitas, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 04 Sep 2012 04:40 |
Last Modified: | 04 Sep 2012 05:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19717 |
Actions (login required)
View Item |