Larasati, Dwi (2012) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Snow Ball ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 3 Sragen ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (694kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (79kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (780kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Snow Ball. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah SMP Negeri 3 Sragen. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 32 siswa, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII B. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Snow Ball dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari aspek – aspek berikut : 1) kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran matematika sebelum tindakan 31,25 % meningkat sebanyak 75 % pada akhir tindakan; 2) keinginan siswa dalam memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan 25 %. meningkat sebanyak 71,87 % pada akhir tindakan; 3) kemauan siswa mengerjakan soal latihan yang diberikan guru sebelum tindakan 25 % meningkat sebanyak 68,75 % pada akhir tindakan;4) prestasi belajar matematika siswa sebelum tindakan 37,50 % meningkat sebanyak 84,37 % pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan Snow Ball dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | f |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Snow Ball |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 03 Sep 2012 09:37 |
Last Modified: | 03 Sep 2012 09:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19714 |
Actions (login required)
View Item |