Lestari, Anik (2012) Implementasi Strategi Pembelajaran GroupInvestigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa SMA Negeri 1 Jatisrono. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (76kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (225kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji: (1) perbedaan efek penggunaan strategi pembelajaran Group Investigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan efek minat belajar siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap prestasi belajar matematika dan (3) efek interaksi antara strategi pembelajaran (GI dan CIRC) dan tingkat minat belajar siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas XI semester genap SMA Negeri 1 Jatisrono tahun ajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian pada � = 5%, diperoleh: (1) ada perbedaan efek penggunaan strategi pembelajaran Group Investigation (GI) dan strategi pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap prestasi belajar matematika dengan �� = 5,477 dan dengan melihat rerata pada kelas eksperimen adalah 68,75 dan kelas kontrol adalah 59,6786, maka strategi pembelajaran GI lebih baik dari CIRC, (2) ada perbedaan efek minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan � = 3,337 dan (3) tidak ada efek interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan �� = 1,183.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group Investigation (GI), Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), minat belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Sep 2012 08:33 |
Last Modified: | 03 Sep 2012 08:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19711 |
Actions (login required)
View Item |