Fatriani, Febri Sartika (2012) Usaha Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Strategi Think Talk Write ( PTK Siswa Kelas VIII C Semester Genap SMP Negeri 5 Kudus Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_I.pdf Download (151kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab V)
bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (294kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Think Talk Write. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 5 Kudus yang berjumlah 30 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII C. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Think Talk Write. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan kepada guru sebelum tindakan 13,33% dan setelah tindakan 46,67%, 2) kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas sebelum tindakan 10% dan setelah tindakan 40%, serta 3) kemampuan siswa dalam mengerjakan soal yang diberikan guru sebelum tindakan 10% dan setelah tindakan 40%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Think Talk Write dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan siswa, strategi Think Talk Write |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Sep 2012 05:37 |
Last Modified: | 03 Sep 2012 05:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19704 |
Actions (login required)
View Item |