Usaha Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Strategi Think Talk Write ( PTK Siswa Kelas VIII C Semester Genap SMP Negeri 5 Kudus Tahun Ajaran 2011/2012)

Fatriani, Febri Sartika (2012) Usaha Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Strategi Think Talk Write ( PTK Siswa Kelas VIII C Semester Genap SMP Negeri 5 Kudus Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_I.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Think Talk Write. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 5 Kudus yang berjumlah 30 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII C. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Think Talk Write. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan kepada guru sebelum tindakan 13,33% dan setelah tindakan 46,67%, 2) kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas sebelum tindakan 10% dan setelah tindakan 40%, serta 3) kemampuan siswa dalam mengerjakan soal yang diberikan guru sebelum tindakan 10% dan setelah tindakan 40%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Think Talk Write dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa, strategi Think Talk Write
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Sep 2012 05:37
Last Modified: 03 Sep 2012 05:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19704

Actions (login required)

View Item View Item