Susiloningrum, Tri (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Dengan Teknik Probing Prompting (PTK di Kelas VII D SMP Negeri 2 Wedi Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (587kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (683kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep belajar matematika dengan teknik probing prompting pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Wedi. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Wedi yang berjumlah 34 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VII D SMP Negeri 2 Wedi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator berpikir kritis siswa yaitu : (1) mampu menganalisis pertanyaan/pernyataan sebelum tindakan 5,88% dan setelah tindakan mengalami peningkatan menjadi 35,29%, (2) mampu menjawab pertanyaan dengan benar sebelum tindakan 14,70% dan setelah tindakan mengalami peningkatan menjadi 67,59%, (3) mampu mencari alasan sebelum tindakan 8,82% dan setelah tindakan mengalami peningkatan menjadi 58,82%. Selain itu, peningkatan pada indikator-indikator pemahaman konsep matematika, yaitu: (1) mampu mengulang konsep sebelum tindakan 14,70% dan setelah tindakan mengalami peningkatan menjadi 70,59%, (2) mampu mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah sebelum tindakan 8,82% dan setelah tindakan mengalami peningkatan menjadi 55,88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik pembelajaran probing prompting dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep belajar matematika siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Wedi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | probing prompting, kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 30 Aug 2012 08:46 |
Last Modified: | 30 Aug 2012 08:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19700 |
Actions (login required)
View Item |