Pemetaan Soal Ujian Akhir Semester Matematika Siswa Kelas VII Berdasarkan Aspek Kognitif Dan Analisis Distraktor Di SMP Negeri 1 Wonosegoro - Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011

Fitriyati, Khoirul (2012) Pemetaan Soal Ujian Akhir Semester Matematika Siswa Kelas VII Berdasarkan Aspek Kognitif Dan Analisis Distraktor Di SMP Negeri 1 Wonosegoro - Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (577kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (764kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aspek kognitif serta analisis kesalahan yang diambil dari distraktor soal ujian akhir semester I dan II pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah soal ujian matematika akhir semester I dan II SMP kelas VII kabupaten Boyolali tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data dilakukan dengan meminta dokumen soal matematika yang ada di salah satu sekolah kabupaten Boyolali yaitu SMP Negeri 1 Wonosegoro untuk dianalisis. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber. Dari penelitian ini diperoleh data prosentase aspek kognitif a) soal ujian akhir semester I tertinggi adalah aspek memahami yaitu 57,14% dan terendah adalah aspek mengaplikasi sebesar 14,29%, untuk b) soal ujian akhir semester II 71,11% aspek memahami dan terendah aspek mengingat 4,45%. Tingkat kesalahan tertinggi pada salah konsep prosentasenya untuk a) soal ujian akhir semester I adalah 79,17% pada materi aritmatika dan 88,10% pada materi aljabar, sedangkan untuk b) soal ujian akhir semester II sebesar 100% pada materi aljabar serta 84,21% pada materi geometri dan pengukuran. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa cakupan tingkat aspek kognitif pada soal belum merata, sedangkan untuk analisis kesalahan yang sering terjadi adalah salah konsep.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek kognitif, kesalahan, distraktor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 30 Aug 2012 07:20
Last Modified: 30 Aug 2012 07:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19698

Actions (login required)

View Item View Item