Fitriyati, Khoirul (2012) Pemetaan Soal Ujian Akhir Semester Matematika Siswa Kelas VII Berdasarkan Aspek Kognitif Dan Analisis Distraktor Di SMP Negeri 1 Wonosegoro - Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (577kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (28MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (764kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aspek kognitif serta analisis kesalahan yang diambil dari distraktor soal ujian akhir semester I dan II pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah soal ujian matematika akhir semester I dan II SMP kelas VII kabupaten Boyolali tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data dilakukan dengan meminta dokumen soal matematika yang ada di salah satu sekolah kabupaten Boyolali yaitu SMP Negeri 1 Wonosegoro untuk dianalisis. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber. Dari penelitian ini diperoleh data prosentase aspek kognitif a) soal ujian akhir semester I tertinggi adalah aspek memahami yaitu 57,14% dan terendah adalah aspek mengaplikasi sebesar 14,29%, untuk b) soal ujian akhir semester II 71,11% aspek memahami dan terendah aspek mengingat 4,45%. Tingkat kesalahan tertinggi pada salah konsep prosentasenya untuk a) soal ujian akhir semester I adalah 79,17% pada materi aritmatika dan 88,10% pada materi aljabar, sedangkan untuk b) soal ujian akhir semester II sebesar 100% pada materi aljabar serta 84,21% pada materi geometri dan pengukuran. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa cakupan tingkat aspek kognitif pada soal belum merata, sedangkan untuk analisis kesalahan yang sering terjadi adalah salah konsep.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aspek kognitif, kesalahan, distraktor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 30 Aug 2012 07:20 |
Last Modified: | 30 Aug 2012 07:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19698 |
Actions (login required)
View Item |