Sarjuniningsih, Fajar (2012) Peningkatan Komunikasi Matematika Melalui Strategi Quick On The Draw Dengan Memanfaatkan Alat Peraga Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (451kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (127kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (383kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi matematika dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dalam pembelajaran matematika pada materi segiempat melalui strategi Quick on The Draw dengan memanfaatkan alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus. Subyek penerima adalah siswa kelas VII E SMP Muhammadiyah 5 Surakarta yang berjumlah 39 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah komunikasi matematika dan prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi matematika dan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan segiempat. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya indikator komunikasi matematika meliputi: 1) Menjawab pertanyaan sebelum tindakan 12,82% meningkat menjadi 46,15% pada akhir tindakan, 2) Mengungkapkan ide sebelum tindakan 5,13% meningkat menjadi 41,03% pada akhir tindakan, 3) Kerjasama dengan kelompok sebelum tindakan 30,77% meningkat menjadi 87,18% pada akhir tindakan, 4) Mempresentasikan hasil diskusi sebelum tindakan 7,69% meningkat menjadi 38,46% pada akhir tindakan. Hasil tes yang dilakukan sebelum dan di akhir tindakan menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar terlihat dari hasil belajar siswa secara tuntas mendapatkan nilai ≥ 65, sebelum tindakan sebesar 46,15% meningkat menjadi 82,05% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi Quick on The Draw dengan memanfaatkan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan komunikasi matematika dan prestasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi matematika, prestasi belajar, Strategi Quick on The Draw, alat peraga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 29 Aug 2012 09:35 |
Last Modified: | 29 Aug 2012 09:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19694 |
Actions (login required)
View Item |