Arini, Efie (2012) Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Snowball Throwing (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap MTs Muhammadiyah Tawangsari Sukoharjo Tahun Ajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (81kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (456kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Snowball Throwing. Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di Mts Muhammadiyah Tawangsari Sukoharjo dengan subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 20 orang dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII B.Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Snowball Throwing mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari aspek 1) Ada peningkatan kemauan siswa mengerjakan tugas, dari 30% menjadi 85%; 2) Ada dorongan siswa untuk menjawab pertanyaan dan soal, dari 20% menjadi 65%; 3) Ada peningkatan dorongan siswa menanyakan materi yang belum dimengerti, dari 20% menjadi 75%; 4) Ada peningkatan tercapainya kriteria ketuntasan minimum, dari 30% menjadi 85%. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan strategi Snowball Throwing dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Prestasi, Snowball Throwing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 29 Aug 2012 07:30 |
Last Modified: | 29 Aug 2012 07:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19685 |
Actions (login required)
View Item |