Chotijah, Siti (2012) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Arias Berbasis Lks Pada Pokok Bahasan Persegi Panjang, Persegi, Dan Jajar Genjang Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Di SMP Negeri I Grogol. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (363kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (62kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (416kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis : (1) pengaruh model pembelajaran ARIAS berbasis LKS terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) efek interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP N I Grogol Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012 sebanyak delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII H sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas dengan uji Barlett. Dari hasil analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan α = 5% diperoleh : (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS bebasis LKS terhadap prestasi belajar matematika dengan FA = 4,045, (2) terdapat pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan FB = 13,888, (3) Tidak terdapat efek interaksi antara model pembelajaran ARIAS berbasis LKS dan aktivitas terhadap prestasi belajar matematika dengan FAB = 2,24.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ARIAS, LKS, aktivitas, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 29 Aug 2012 06:21 |
Last Modified: | 23 Nov 2019 02:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19672 |
Actions (login required)
View Item |