Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Arias Berbasis Lks Pada Pokok Bahasan Persegi Panjang, Persegi, Dan Jajar Genjang Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Di SMP Negeri I Grogol

Chotijah, Siti (2012) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Arias Berbasis Lks Pada Pokok Bahasan Persegi Panjang, Persegi, Dan Jajar Genjang Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Di SMP Negeri I Grogol. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (363kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis : (1) pengaruh model pembelajaran ARIAS berbasis LKS terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) efek interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP N I Grogol Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012 sebanyak delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII H sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas dengan uji Barlett. Dari hasil analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan α = 5% diperoleh : (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS bebasis LKS terhadap prestasi belajar matematika dengan FA = 4,045, (2) terdapat pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan FB = 13,888, (3) Tidak terdapat efek interaksi antara model pembelajaran ARIAS berbasis LKS dan aktivitas terhadap prestasi belajar matematika dengan FAB = 2,24.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ARIAS, LKS, aktivitas, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 29 Aug 2012 06:21
Last Modified: 23 Nov 2019 02:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19672

Actions (login required)

View Item View Item