Cahyawati, Yunita (2012) Penerapan Strategi Card Sort Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Komunikasi dan Prestasi Belajar Siswa (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 1 Karanggede Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (955kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_publikasi.pdf Download (758kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi siswa dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan geometri melalui strategi Card Sort dengan menggunakan media gambar sebagai media pembelajaran . Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII D SMP N I Karanggede sebagai pihak pelaksana yang berkolaborasi dengan peneliti dan kepala sekolah, serta siswa kelas VIII D yang berjumlah 36 siswa sebagai pihak penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini adalah: 1). adanya peningkatan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika, yang meliputi aspek : a) siswa mengerjakan soal di depan kelas meningkat yaitu sebelum penelitian sebesar 5,55 %, dan akhir tindakan menjadi 36,11 %; b) siswa mengemukakan ide meningkat yaitu sebelum penelitian sebesar 5,55 %, dan akhir tindakan menjadi 41,66%; c) siswa bertanya meningkat yaitu sebelum penelitian sebesar 0 %, dan akhir tindakan menjadi 27,7 %; d) siswa menyimpulkan materi meningkat yaitu sebelum penelitian sebesar 11,11%, dan akhir tindakan menjadi 86,11% dan 2). adanya peningkatan prestasi belajar siswa melalui strategi Card Sort dengan menggunakan media gambar sebagai media pembelajaran yaitu sebelum diadakan penelitian, siswa yang mencapai nilai ³ 70 sebesar 30,5 %, sesudah diadakan penelitian sebesar 91,66 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran melalui strategi Card Sort dengan menggunakan media gambar sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan komunikasi dalam pembelajaran matematika dan pada akhirnya berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi, prestasi, media gambar, Strategi Card Sort |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 29 Aug 2012 05:40 |
Last Modified: | 29 Aug 2012 05:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19669 |
Actions (login required)
View Item |