Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Keaktifan Siswa Dengan Menggunakan Metode Think Talk Write (TTW) Dalam Pembelajaran Matematika (PTK di Kelas X Pj SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro)

Utami, Nurul Fatimah (2012) Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Keaktifan Siswa Dengan Menggunakan Metode Think Talk Write (TTW) Dalam Pembelajaran Matematika (PTK di Kelas X Pj SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf

Download (13MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Think Talk Write (TTW). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro. Sebagai subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X Pj yang berjumlah 33 siswa, dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas X Pj. Data dikumpulkan melalui metode observasi, metode tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dan keaktifan siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan pemahaman konsep siswa yang meliputi a) menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal dengan tepat sebelum dilakukan tindakan sebesar 15,15% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 84,84%, b) menerapkan konsep dengan tepat sebelum dilakukan tindakan sebesar 12,12% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 81,81%, c) memberikan tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan sebesar 6% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 78,78%, d) membuat kesimpulan sebelum tindakan sebesar 18,18% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 96,96%. Peningkatan keaktifan siswa yang meliputi a) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 9,09% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 78,78%, b) menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 18,18% dan di akhir pelaksanaan tindakan sebesar 87,87%, c) mengemukakan pendapat sebelum tindakan sebesar 21,21% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 90,9%, d) menjawab dan mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 12,12% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 87,87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode TTW dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan siswa dan keaktifan siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman_konsep, Keaktifan_siswa, Metode_TTW
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 28 Aug 2012 09:40
Last Modified: 28 Aug 2012 09:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19667

Actions (login required)

View Item View Item