Utami, Nurul Fatimah (2012) Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Keaktifan Siswa Dengan Menggunakan Metode Think Talk Write (TTW) Dalam Pembelajaran Matematika (PTK di Kelas X Pj SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf Download (13MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (100kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Think Talk Write (TTW). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro. Sebagai subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X Pj yang berjumlah 33 siswa, dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas X Pj. Data dikumpulkan melalui metode observasi, metode tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dan keaktifan siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan pemahaman konsep siswa yang meliputi a) menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal dengan tepat sebelum dilakukan tindakan sebesar 15,15% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 84,84%, b) menerapkan konsep dengan tepat sebelum dilakukan tindakan sebesar 12,12% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 81,81%, c) memberikan tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan sebesar 6% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 78,78%, d) membuat kesimpulan sebelum tindakan sebesar 18,18% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 96,96%. Peningkatan keaktifan siswa yang meliputi a) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 9,09% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 78,78%, b) menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 18,18% dan di akhir pelaksanaan tindakan sebesar 87,87%, c) mengemukakan pendapat sebelum tindakan sebesar 21,21% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 90,9%, d) menjawab dan mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 12,12% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 87,87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode TTW dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan siswa dan keaktifan siswa
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman_konsep, Keaktifan_siswa, Metode_TTW |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 28 Aug 2012 09:40 |
Last Modified: | 28 Aug 2012 09:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19667 |
Actions (login required)
View Item |