Sholeh, Fitriannisa Hasnanis (2012) Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Concept Attainment Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri I Grogol Sukoharjo 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (91kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (661kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini: (1) mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep keliling dan luas segi empat melalui strategi Concept Attainment, dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika melalui strategi Concept Attainment. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian penerima tindakan yaitu 18 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan kelas VII H SMP Negeri 1 Grogol Sukoharjo. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus-menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini yaitu (1) adanya peningkatan pemahaman konsep keliling dan luas segi empat yang meliputi: a) memahami makna dari keliling bangun datar sebelum tindakan 26,32%, putaran I 36,84%, dan di akhir tindakan 60,53%, b) menulis rumus keliling dari bangun datar segi empat sebelum tindakan 34,21%, putaran I 55,26%, di akhir tindakan 78,95%, c) memahami makna dari luas bangun datar sebelum tindakan 18,42%, putaran I 31,58%, dan di akhir tindakan 52,63%, d) menulis rumus luas dari bangun datar segi empat sebelum tindakan 28,95%, putaran I 47,37%, dan di akhir tindakan 73,68%, 2) adanya peningkatan hasil belajar matematika yang memperoleh nilai ≥ KKM 65 sebelum tindakan 39,47%, putaran I 55,26%, dan di akhir tindakan 78,95%. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan strategi Concept Attainment dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman, konsep, hasil, belajar, concept attainment |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 28 Aug 2012 09:04 |
Last Modified: | 22 Nov 2013 06:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19664 |
Actions (login required)
View Item |