Ratnadewi, Citra Budhi (2012) Implementasi Model Pembelajaran Modelling The Way Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII B Semester Genap SMP N 2 Manyaran Tahun Ajaran 2011/2012 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskahku.pdf Download (180kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dengan model pembelajaran Modelling The Way. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dalaksanakan selama tiga siklus. Subjek pemberi tindakan adalah peneliti, subjek pembantu pelaksana adalah guru matematika dan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP N 2 Manyaran yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode alur yang meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi data yang dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah dengan penerapan model pembelajaran Modelling The Way terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa. Peningkatan keaktifan belajar siswa diamati dari 1) keaktifan siswa saat diskusi kelompok sebelum tindakan 25,8% dan setelah tindakan 80,64%, 2) keaktifan siswa saat mempresentasikan hasil diskusi kelompok sebelum tindakan 6,45% dan setelah tindakan 25,81%, 3) keaktifan siswa saat mengerjakan soal sebelum tindakan 19,35% dan setelah tindakan 64,52%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan belajar siswa, Modelling The Way |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 28 Aug 2012 07:31 |
Last Modified: | 28 Aug 2012 07:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19659 |
Actions (login required)
View Item |