Analisis Kesalahan Siswa Kelas VI SD Negeri II Pulosari Kebakkramat Tahun Ajaran 2011/2012 Dalam Menyelesaikan Soal UASBN 2009/2010 dan 2010/2011

Martiyastuti, Tipuk (2012) Analisis Kesalahan Siswa Kelas VI SD Negeri II Pulosari Kebakkramat Tahun Ajaran 2011/2012 Dalam Menyelesaikan Soal UASBN 2009/2010 dan 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran_ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naspub.pdf

Download (806kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang butir soal dan kesalahan siswa kelas VI SD Tahun Ajaran 2011/2012 dalam mengerjakan soal UASBN 2009/2010 dan 2010/2011. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut: 1. Soal UASBN 2009/2010 memiliki persentase kesalahan pada materi a) aritmatika 22,01%, b) geometri dan pengukuran 35,09%, c) pengolahan data 13,4%. 2. Soal UASBN 2010/2011 memiliki persentase kesalahan pada materi a) aritmatika 26,78%, b) geometri dan pengukuran 37,80%, c) pengolahan data 18,5%. Sedangkan dari hasil penelitian analisis butir soal diperoleh data sebagai berikut: 1. Soal UASBN 2009/2010 memiliki indeks kesukaran 35% yang tergolong baik dan 65% yang tergolong tidak baik, indeks daya beda terdapat 87,5% yang tergolong baik, dan 12,5% yang tergolong tidak baik. 2. Soal UASBN 2010/2011 memiliki indeks kesukaran sebesar 27,5% tergolong baik, 72,5% tergolong tidak baik, untuk indeks daya beda 82,5% yang tergolong baik dan 17,5% yang tergolong tidak baik. Kesimpulan penelitian ini adalah soal UASBN 2009/2010 lebih mudah dibandingkan soal UASBN 2010/2011 ditinjau dari tingkat kesukaran soal dan persentase kesalahan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: butir soal, analisis kesalahan, soal UASBN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 28 Aug 2012 06:59
Last Modified: 28 Aug 2012 06:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19655

Actions (login required)

View Item View Item