Kajian Aspek Kognitif Soal Uasbn Kelas VI SD N Pulosari 02 Kebakkramat Tahun Ajaran 2009/2010 dan 2010/2011

Sukirno, Rossyta (2012) Kajian Aspek Kognitif Soal Uasbn Kelas VI SD N Pulosari 02 Kebakkramat Tahun Ajaran 2009/2010 dan 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover_skripsi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naspub.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan aspek kognitif, materi ajar, serta distraktor berdasarkan kesalahan siswa yang terdapat dalam soal ujian akhir sekolah berstandar nasional matematika (UASBN) SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah soal-soal UASBN SD/MI Tahun Ajaran 2009/2010 dan 2010/2011. Pengumpulan data dilakukan dengan meminta dokumen soal yang ada disalah satu Sekolah Dasar di Kabupaten Karanganyar yaitu SD Negeri 02 Pulosari untuk dianalisis. Dari hasil penelitian diperoleh data: A. Prosentase aspek kognitif: 1) Soal UASBN 2009/2010: (a) Level mengingat 22,5%; (b) Level memahami 35%; (c) Level menerapkan 42,5%, 2) Soal UASBN 2010/2011: (a) Level mengingat 20 %; (b) Level memahami 37,5%; (c) Level menerapkan 42,5%. B. Prosentase materi ajar (1) Soal UASBN 2009/2010: (a) Materi bilangan 42,5%; (b) Materi geometri dan pengukuran 47,5%; (c) Materi pengolahan data 10%. 2) Soal UASBN 2010/2011: (a) Materi bilangan 37,5%; (b) Materi geometri dan pengukuran 52,5%; (c) Materi pengolahan data 10%. C. Tingkat kesalahan yang diambil dari distraktor pada soal UASBN Tahun Ajaran 2009/2010 dan 2010/2011: 1) Materi bilangan: (a) Salah bahasa 11,46%; (b) Salah konsep 32,29%; (c) Salah proses menghitung 56,25%, 2) Materi geometri dan pengukuran: (a) Salah bahasa 10% (b) Salah konsep 61,67%; (c) Salah proses menghitung 28,33%, 3) Materi pengolahan data (a) Salah bahasa 37,5%; (b) Salah konsep 29,16%; (c) Salah proses menghitung 33,34%. Kesimpulan penelitian ini adalah kedua soal tersebut terlalu mudah dan tidak bisa digunakan dalam pengembangan level berfikir tingkat tinggi, materi yang banyak digunakan dalam kedua soal tersebut adalah materi geometri dan pengukuran, sedangkan untuk analisis kesalahan yang sering terjadi adalah salah konsep

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek kognitif, materi ajar, analisis kesalahan, soal UASBN SD/MI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 28 Aug 2012 06:03
Last Modified: 28 Aug 2012 06:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19650

Actions (login required)

View Item View Item