Chrisnawati, Unga Nastalifa (2012) Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Lingkaran Dengan Panduan Kriteria Watson. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (431kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB__II.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB__III.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB__V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (i) Mengetahui jenis-jenis kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal tentang lingkaran., (ii) Mengetahui persentase kesalahan yang dialami siswa dan faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan khususnya pada pokok bahasan lingkaraan dengan panduan kriteria watson. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sebelum diadakannya penelitian terlebih dahulu diadakan try out pada siswa kelas VIIIa SMP Negeri 2 Karanggede, sedangkan penelitian diadakan pada siswa Kelas VIIIb SMP Negeri 2 Karanggede.metode pengumpulan data yang digunakan me tode tes,metode wawancara, dan metode dokumentasi. . Untuk menghitung validitas soal menggunakan rumus korelasi product momen, sedangkan menghitung reliabilitas menggunakan rumus alpha. Teknik analisis data menggunakan persentase. Test disini adalah berupa soal-soal yang memuat pokok bahasan lingkaran. Dari hasil analisis diperoleh bahwa Persentase untuk kesalahan tipe data tidak tepat sebesar 22%,Persentase untuk kesalahan tipe prosedur tidak tepat sebesar 53%, Persentase untuk ke salahan tipe data hilang sebesar 16%, Persentase untuk kesalahan tipe kesimpulan hilang sebesar 34%, Persentase untuk kesalahan tipe konflik level respon sebesar 9%, Persentase untuk kesalahan tipe masalah hirarki ketrampilan sebesar 7%. Dari data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis jawaban siswa, dan wawancara terlihat bahwa kesalahan tipe prosedur tidak tepat merupakan kesalahan yang banyak dilakukan oleh siswa yang disebabkan karena siswa tidak membiasakan diri meyelesaikan soal dengan prosedur penyelesaian soal dalam hal ini prosedur yang digunakan yaitu kriteria Watson. Kebanyakan siswa begitu memahami soal langsung menjawabnya tidak merencanakan penyelesaiannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Kesalahan, Kriteria Watson, Lingkaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 27 Aug 2012 07:26 |
Last Modified: | 27 Aug 2012 07:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19643 |
Actions (login required)
View Item |