Sulistya, Hendratmoko Catur Praba (2012) Modus Dan Implikatur Pada Iklan Handphone Di Tabloid Pulsa Edisi Mei-Juli 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (165kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
||
|
PDF (Dfatra Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (75kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki dua masalah yakni: (1) Bagaimanakah modus kalimat yang digunakan pada iklan handphone di tabloid Pulsa edisi Mei-Juli 2011? Dan (2) Bagaimanakah implikatur yang terdapat pada iklan handphone di tabloid Pulsa edisi Mei-Juli 2011?. Data dalam penelitian ini adalah kata, frase dan kalimat yang terdapat pada iklan handphone di tabloid Pulsa.Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dengan cara menyimak penggunaan bahasa pada iklan handphone di tabloid Pulsa. Teknik penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik catat, yang dilakukan dengan cara pencatatan terhadap data-data yang terkumpul pada kartu data. Teknik catat dilakukan untuk mencatat data yang berupa tuturan pada iklan yang mengandung implikatur. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan ekstra lingual. Metode padan ekstra lingual merupakan metode yang digunakan untuk menganalisis unsur yang bersifat ekstra lingual, seperti menghubungkan masalah bahasa dengan masalah di luar bahasa. Setelah data terkumpul, analisis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara mengidentifikasi jenis tuturan berdasarkan modus kalimat yang digunakan, serta mengidentifikasi bentuk implikatur pada iklan handphone di tabloid Pulsa. Sesuai dengan rumusan masalah yang telah dibuat, penelitian ini menghasilkan dua hal. Pertama, diperoleh modus kalimat yang digunakan dalam iklan handphone di tabloid Pulsa edisi Mei-Juli 2011, yaitu terdapat iklan handphone yang menggunakan modus kalimat berita dan perintah. Kedua, adalah implikatur yang terdapat pada iklan handphone di tabloid Pulsa edisi Mei-Juli 2011. Implikatur yang terdapat pada iklan handphone di tabloid Pulsa berupa maksud penulis pesan (O1) yang menyuruh/ memerintah kepada pembaca. Dalam rangka menyampaikan maksud yang terimplikasi dalam iklan tersebut, penulis menggunakan beberapa tindak tutur, yaitu tindak tutur tak langsung dan tindak tutur ilokusi. Dalam rangka menyampaikan maksud tuturan, penulis iklan cenderung melanggar prinsip kerjasama, akan tetapi penulis iklan benar-benar memperhatikan prinsip kesopanan karena seluruh perintah tidak diungkapkan melalui tuturan langsung kepada pembaca.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modus kalimat dan implikatur, iklan handphone tabloid pulsa. |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Aug 2012 06:03 |
Last Modified: | 15 Aug 2012 06:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19617 |
Actions (login required)
View Item |