Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Discovery Inquiry Type Pictorial Riddle (PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Juwangi Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012)

Rahmadani, Ratna (2012) Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Discovery Inquiry Type Pictorial Riddle (PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Juwangi Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Nskh_abstrak_indo.pdf

Download (632kB)

Abstract

Tujuan penelitian mendeskripsikan 1) peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi discovery inquiry type pictorial riddle, 2) peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi discovery inquiry type pictorial riddle. Jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek yang menerima tindakan siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Juwangi Boyolali. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar matematika, hal itu terlihat dari peningkatan 1) Antusias dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan sebesar 29,03%, di akhir tindakan mencapai 74,19%. 2) Antusias mengerjakan soal diskusi sebelum tindakan sebesar 12,9%, di akhir tindakan mencapai 45,16%. 3) Antusias mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan sebesar 9,68%, di akhir tindakan mencapai 41,94%. 4) Memberikan tanggapan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan sebesar 6,45%, di akhir tindakan mencapai 24,14%, 5) menanyakan yang belum jelas sebelum tindakan sebesar 9,68%, di akhir tindakan sebesar 32,25%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar matematika siswa. Sebelum adanya tindakan kelas prestasi belajar matematika siswa sebesar 54,84%, di akhir tindakan mencapai 83,87%. Kesimpulan penelitian ini yaitu melalui pembelajaran discovery inquiry type pictorial riddle dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Prestasi, Discovery inquiry type pictorial riddle
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 14 Aug 2012 09:35
Last Modified: 14 Aug 2012 09:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19610

Actions (login required)

View Item View Item