Atmaja, Andrew Surya (2012) Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Kubus Dan Balok Dengan Strategi Penemuan Terbimbing Melalui Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sebagai Media Pembelajaran (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII MTs Negeri 1 Tanon Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3.Halaman_Depan.pdf Download (506kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4.BAB_I.pdf Download (66kB) |
|
PDF (Bab II)
5.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
||
PDF (Bab III)
6.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
PDF (Bab IV)
7.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
||
PDF (Bab V)
8.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (72kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAmpiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
2._Naskah_Publikasi.pdf Download (612kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok dengan strategi penemuan terbimbing melalui pemanfaatan lembar kerja siswa sebaga media pembalajaran. Pendekatan penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Sedangkan desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII G MTs Negeri Tanon yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini adalah (1) Adanya peningkatan pemahaman konsep siswa dengan strategi penemuan terbimbing melalui pemanfaatan lembar kerja siswa sebagai media pembelajaran yang meliputi : a) kreativitas siswa dalam merumuskan soal sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 0 % dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 84,8 %, b) siswa yang mengajukan pertanyaan dan tanggapan kepada guru sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 6,06 % dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 72,7 %, c) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan menyelesaikan soal-soal latihan di depan kelas sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 15,1 % dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 78,7 %, d) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi pelajaran meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep, memberikan contoh dan non contoh dari konsep sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 21,2 % dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 81,8 %. (2) Adanya peningkatan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai siswa lebih dari sama 62 (≥ 62) sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 45,4% dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 84,8%
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman konsep, penemuan terbimbing, lembar kerja siswa, media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 14 Aug 2012 09:21 |
Last Modified: | 14 Aug 2012 09:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19609 |
Actions (login required)
View Item |