Rohmah, Ilaika (2012) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Assessment Search (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Kroya Tahun Ajaran 2011/ 2012 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (730kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (167kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN_LENGKAP.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._publikasi.pdf Download (342kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Kroya dengan menggunakan strategi pembelajaranAssessment Search. Pendekatan penelitian ini penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Kroya yang berjumlah 38 siswa, dan subjek pemberi tindakan guru matematika kelas VIIA SMP Negeri 2 Kroya. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama dua kali putaran. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi penyidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan keaktifan belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari:1) siswa yang mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 20,85% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 73,68%, 2) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 18,5% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 78,94%, 3) mengerjakan soal latihan sebelum tindakan 23,69% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 89,47%, 4) mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 26,31% dan setelah tindakan 73,68%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Assessment Search dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kroya pada pokok bahasan segiempat.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, Assessment Search |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 14 Aug 2012 09:00 |
Last Modified: | 14 Aug 2012 09:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19608 |
Actions (login required)
View Item |