Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Gemolong Tahun Ajaran 2011/2012

Utomo, Ayik Rudy (2012) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Gemolong Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Karya_Ilmiah.pdf

Download (463kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar ekonomi kelas X SMA Muhammadiyah 2 Gemolong; 2) Untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dengan prestasi belajar ekonomi kelas X SMA Muhammadiyah 2 Gemolong ; 3) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dengan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Gemolong. Penelitian ini termasuk jenis penelitia n deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Gemolong. Sampel diambil sebanyak 50 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dok umentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh p ersamaan garis regresi: Y = 52,270+ 0,347 X1+ 0,186X2 . Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar dan profesionalisme guru . Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Kedisiplinan belajar berpengaruh positif ter hadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA Muhammadiyah 2 Gemolong dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> t tabel, yaitu 4,589 > 2,310 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,00 0, dengan sumbangan relatif sebesar 68,5 %dan sumbangan efektif 32,8%; 2) Profesionalisme Guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA Muhammadiyah 2 Gemolongdapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketa hui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,684 > 2,310 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,0 10,dengan sumbangan relatif sebesar 31 ,5 % dan sumbangan efektif 15,1%; 3) Kedisiplinan belajar dan profesionalisme guru secara bersama - sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Gemolongdapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel , yaitu 21,177 > 3,195 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,00 0. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0, 479menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kedisiplinan belajardan profesionalisme guruterhadap hasil prestasi belajar siswa adalah sebesar 47,9% sedangkan 52,1% s isanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar, Profesionalisme guru , Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Aug 2012 08:10
Last Modified: 14 Aug 2012 08:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19606

Actions (login required)

View Item View Item