Dampak Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum Dan Pertumbuhan Ekonomi, Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal (Studi Kasus Pada Pemerintah Kota Solo) Tahun 2005-2010

Wahyuningsih, Sri (2012) Dampak Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum Dan Pertumbuhan Ekonomi, Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal (Studi Kasus Pada Pemerintah Kota Solo) Tahun 2005-2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (497kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (130kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (723kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh Pendapatan Asli Daerah terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal (2) Untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh Dana Alokasi Umum terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal (3) Untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh Pertumbuhan Ekonomi terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal (4) Untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan Pertumbuhan Ekonomi secara bersama-sama terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal Pemerintah kota Solo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di Pemerintah kota Solo. Dalam penelitian ini yang dijadikan populasi adalah Departemen Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKA) kota Solo. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data ini bersumber dari Hasil Laporan Pertanggungjawaban Pemerintah Kota Solo di dukung data yang bersumber dari website (www.djpk.depkeu.co.id) serta data dari Badan Pusat Statistik tahun 2005-2010. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Alat analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t, uji F dan uji koofesien Determinasi (R2), SE dan SR. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Ho ditolak artinya Pendapatan Asli Daerah berpengaruh terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal, tetapi pengaruhnya negatif dengan -thitung < -ttabel; -3,921 < -2,920 dan nilai probalitas sebesar = 0,059 < 0,10; (2) Ho ditolak yaitu Dana Alokasi Umum berpengaruh positif terhadap Pengalokasian Belanja Modal, dengan thitung > ttabel ; 4,050 > 2,920 dengan nilai probalitas sebesar = 0,056 < 0,10; (3) Ho diterima artinya Pertumbuhan Ekonomi tidak berpengaruh positif terhadap Pengalokasian Belanja Modal, dengan -thitung > -ttabel;-0,048 > -2,920 dengan nilai probalitas sebesar = 0,966 > 0,10; (4)Pada analisis dengan uji F Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan pertumbuhan Ekonomi secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal, dengan Fhitung > Ftabel; 12,287 > 9,552. 5)Variabel Pendapatan Asli Daerah memberikan sumbangan efektif sebesar 28,86%. Variabel Dana Alokasi Umum memberikan sumbangan efektif sebesar 1,93%. Variabel Pertumbuhan Ekonomi memberikan sumbangan efektif sebesar 0,01%. Berdasarkan sumbangan efektif nampak bahwa Pendapatan Asli Daerah memiliki kontribusi yang tinggi terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal dibanding Dana Alokai Umum dan Pertumbuhan Ekonomi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Pertumbuhan Ekonomi dan Pengalokasian Anggaran Belanja Modal.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Aug 2012 07:42
Last Modified: 14 Aug 2012 07:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19603

Actions (login required)

View Item View Item