Tomi Setiawan, Tomi Setiawan (2012) Penggunaan Media Audio Dan Metode Diskusi Tipe Buzz Group Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar PKN Materi Proklamasi Kemerdekaan Dan Konstitusi Pertama Pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (608kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (449kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan khusus yaitu untuk meningkatkan keaktifan belajar PKn materi Poklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Andong Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2011/2012 melalui penggunaan media Audio dan metode diskusi tipe Buzz Group. Kurangnya keaktifan siswa disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional yaitu metode ceramah dan tanya jawab. Solusi dalam mengatasi hal tersebut yaitu dengan penggunaan media Audio dan metode diskusi tipe Buzz Group. Subjek penelitian yang menerima tindakan penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A yang berjumlah 24 siswa. Prosedur penelitian ini secara garis besar melalui empat tahapan antara lain, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan metode observasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi yaitu, sumber data yang berupa informasi dari guru PKn dan siswa Kelas VII A, dan triangulasi teknik pengumpulan data dari hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini diperoleh perincian sebagai berikut, pada kondisi awal sebelum tindakan, yang aktif 6 siswa (25%) dan yang pasif 18 siswa (75%) dari 24 siswa, kemudian setelah penelitian tindakan pada siklus I, yang aktif 12 siswa (50%) dan yang pasif 12 siswa (50%) dari 24 siswa. Pada tindakan siklus II, yang aktif 18 siswa (75%) dan yang pasif 6 siswa (25%) dari 24 siswa yang hadir. Berdasarkan hasil tersebut, maka melalui penggunaan media Audio dan metode diskusi tipe Buzz Group terbukti dapat meningkatkan keaktifan belajar PKn materi Poklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Andong Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2011/2012
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Audio, Diskusi Tipe Buzz Group, Keaktifan Belajar Siswa, Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 14 Aug 2012 06:27 |
Last Modified: | 14 Aug 2012 06:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19602 |
Actions (login required)
View Item |