Penerapan strategi Snow Balling Bervariasi Sebagai Upaya Meingkatkan Minat Belajar dalam Proses Pembelajaran PKn pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Apriliyanti , Titik (2012) Penerapan strategi Snow Balling Bervariasi Sebagai Upaya Meingkatkan Minat Belajar dalam Proses Pembelajaran PKn pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (422kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (368kB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 melalui penerapan strategi pembelajaran Snow Balling bervariasi. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran, dokumen atau arsip, dan angket. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan angket. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, peristiwa, serta dokumen, dan kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara, dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model alir. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar dalam proses pem- belajaran PKn sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu dari siswa yang aktif bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan sebanyak 7 siswa (23,4%). Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi Snow Balling bervariasi pada proses pembelajaran diperoleh hasil yaitu siklus I meningkat menjadi 17 siswa (56,7%) dan siklus II diperoleh meningkat menjadi 24 siswa (80%). Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator kinerja. Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas di atas maka hipotesis kinerja yang menyatakan “Diduga dari Penerapan Strategi Pembelajaran Snow Balling bervariasi dapat Meningkatkan minat belajar dalam Proses Pembelajaran PKn pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2011/2012”, terbukti dan diterima kebenarannya. Lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin sering menerapkan strategi pembelajaran Snow Balling bervariasi akan menyebabkan semakin tinggi pula Minat belajar siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, Snow Balling bervariasi, minat belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:49
Last Modified: 14 Aug 2012 06:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19594

Actions (login required)

View Item View Item