Apriliyanti , Titik (2012) Penerapan strategi Snow Balling Bervariasi Sebagai Upaya Meingkatkan Minat Belajar dalam Proses Pembelajaran PKn pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (422kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (115kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (368kB) |
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 melalui penerapan strategi pembelajaran Snow Balling bervariasi. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran, dokumen atau arsip, dan angket. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan angket. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, peristiwa, serta dokumen, dan kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara, dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model alir. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar dalam proses pem- belajaran PKn sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu dari siswa yang aktif bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan sebanyak 7 siswa (23,4%). Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi Snow Balling bervariasi pada proses pembelajaran diperoleh hasil yaitu siklus I meningkat menjadi 17 siswa (56,7%) dan siklus II diperoleh meningkat menjadi 24 siswa (80%). Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator kinerja. Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas di atas maka hipotesis kinerja yang menyatakan “Diduga dari Penerapan Strategi Pembelajaran Snow Balling bervariasi dapat Meningkatkan minat belajar dalam Proses Pembelajaran PKn pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2011/2012”, terbukti dan diterima kebenarannya. Lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin sering menerapkan strategi pembelajaran Snow Balling bervariasi akan menyebabkan semakin tinggi pula Minat belajar siswa
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, Snow Balling bervariasi, minat belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 14 Aug 2012 04:49 |
Last Modified: | 14 Aug 2012 06:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19594 |
Actions (login required)
View Item |