Hasil Belajar Matematika Siswa dalam Belajar Kelompok dan Mandiri Ditinjau dari Persiapan Guru dan Aktivitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono

Asih, Rizky Budi (2012) Hasil Belajar Matematika Siswa dalam Belajar Kelompok dan Mandiri Ditinjau dari Persiapan Guru dan Aktivitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
SKRIPSI_BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
SKRIPSI_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
SKRIPSI_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV)
SKRIPSI_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab V)
SKRIPSI_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
daftar_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi_QQ#.pdf

Download (609kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji: (1) pengaruh belajar kelompok dan mandiri terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh persiapan guru mengajar terhadap hasil belajar matematika, (3) pengaruh aktivitas siswa terhadap hasil belajar matematika, (4) efek interaksi antara belajar kelompok dan mandiri, persiapan guru mengajar, dan aktivitas siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono Semester Genap Tahun Ajaran 2011 / 2012. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Variansi Tiga Jalan yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian: (1) ada pengaruh yang signifikan antara belajar kelompok dan mandiri terhadap hasil belajar matematika dengan � =0,05 dan FA= 12,109, (2) tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika dilihat dari persiapan guru mengajar dengan � =0,05 dan FB= 2,582, (3) ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika dilihat dari aktivitas siswa dengan � =0,05 dan FC = 8,388, (4) tidak ada efek interaksi yang signifikan antara belajar kelompok dan mandiri ditinjau dari aktivitas siswa dan persiapan guru terhadap hasil belajar matematika dengan � =0,05 dan FABC = 0,890.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pola belajar, persiapan guru, aktivitas siswa, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 13 Aug 2012 09:45
Last Modified: 13 Aug 2012 09:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19593

Actions (login required)

View Item View Item