Eksperimentasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbasis LKS Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Matematika Siswa ( Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Bulu )

Sekarningtyas, Citra Dewi (2012) Eksperimentasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbasis LKS Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Matematika Siswa ( Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Bulu ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Awal.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASPUB.pdf

Download (687kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji: (1) pengaruh penggunaan strategi Two Stay Two Stray berbasis LKS terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh aktivitas belajar siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap prestasi belajar matematika, (3) efek interaksi antara strategi pembelajaran (Two Stay Two Stray berbasis LKS dan metode konvensional) dan tingkat aktivitas belajar siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Bulu tahun ajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian pada � = 5%, diperoleh: (1) ada pengaruh efek antara strategi pembelajaran Two Stay Two Stray berbasis LKS dan pembelajaran dengan metode konvensional terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini didasarkan dari analisis data diperoleh �� = 9,423 dan dengan melihat rerata pada kelas eksperimen adalah 73,825 dan kelas kontrol adalah 66,875, maka strategi pembelajaran Two Stay Two Stray berbasis LKS lebih baik dari metode konvensional, (2) tidak ada pengaruh efek aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini didasarkan dari analisis data diperoleh �� = 1,771, (3) ada efek interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini didukung dari analisis data penelitian diperoleh ��� = 4,718.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray berbasis LKS, Konvensional, Aktivitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 13 Aug 2012 09:33
Last Modified: 13 Aug 2012 09:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19592

Actions (login required)

View Item View Item